Digital Business & IT Services | Alphatech Informatics
Web Blog Alphatech Informatics (c) 2022

7 Penyedia Cloud Server Terbaik 2021

Saat ini sobat Alpha, kebutuhan cloud server sudah banyak dibutuhkan untuk bisnis dalam pengembangan sistem informasi perangkat lunak (software) dan juga pilihan terbaik untuk menghemat budget membangun server. Karena untuk membangun server lokal tidak lah hanya membutukan perangkat komputer saja perlu memikirkan hal lain dalam perancangan idealnya komputer server yang di letakan menjadi server lokal di ruang kantor. Tipe komputer ini harus menggunakan perangkat keras tahan banting yang mampu mengelola sebuah jaringan dengan lancar. Apalagi, sobat Alpha server harus menyala tanpa henti. Tentunya, harga perangkat server tidaklah semurah yang digunakan sebagai komputer client.

Dari segi perangkat lunak, komputer client umumnya menggunakan sistem operasi yang ramah pengguna awam. Windows dan Mac OS adalah contohnya. Pada komputer server, perangkat lunak yang digunakan adalah sistem operasi khusus, misalnya seperti Windows Server, Linux, dan Ubuntu.

Tak hanya itu, komputer server membutuhkan penanganan yang berbeda. Karena harus menyala selama 24 jam, perangkat ini perlu diletakkan di dalam ruangan bersuhu rendah agar tidak overheat. Ditambah lagi, sumber listrik cadangan seperti UPS dibutuhkan agar komputer tersebut tidak mati ketika aliran listrik utama terputus serta maintenance rutin oleh teknisi berpengalaman.

Pengertian Cloud Server

Cloud server merupakan layanan teknologi yang menggabungkan komputer dan jaringan yang berbasis internet. Hal ini, memanfaatkan teknologi media internet sebagai pusat server untuk pengelolaan data. Sehingga data-data yang sobat Alpha perlukan dapat dengan mudah diakses dan tidak perlu lagi menyimpan data melalui alat penyimpanan seperti Flashdisk, Harddisk, CD maupun DVD . Tentu hal ini akan sangat mempermudah bila seseorang memiliki data yang tersimpan di suatu perangkat penyimpanan dan perangkat itu hilang, maka data yang tersimpan pasti ikut hilang. Namun, data di cloud server akan tetap aman.

1. Google Cloud Platform

Google Cloud Platform adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan komputasi berupa cloud server gratis.  Google Cloud Platform (GCP) merupakan nama umum dari pelayanan cloud yang Google berikan dengan pelayanan “bayar sesuai penggunaan”, infrastruktur yang fleksibel, pelayanan-pelayanan lainnya seperti analisis data tingkat tinggi, pembelajaran mesin yang mendukung Google search dan Gmail.

Beberapa layanan yang ditawarkan oleh Google Cloud Paltform adalah layanan-layanan yang ada di program Google Cloud Platform Free Tier. Dalam program tersebut, pengguna bisa bebas melakukan aktivitas secara gratis selama 1 tahun. Cloud server Gratis Indonesia ini sudah beroperasi di Jakarta sejak 24 Juni 2020.

Contoh layanan yang tersedia di program tersebut yaitu Cloud Datastore Compute Engine, Container Engine, Cloud Function, Cloud Vision, StackDriver, App Engine, BigQuery, Cloud Speech, Container, Cloud NLP, Builder, Source Repositories, Cloud Pub/Sub, Cloud Storage, dan banyak lainnya.

2. Amazon Web Services

Amazon Web Service merupakan layanan yang memberikan penyimpanan cloud yang sudah terintegrasi, sehingga pengguna bisa melakukan kustomisasi/perubahan sesuai dengan keinginan masing-masing pengguna. Amazon Web Services (AWS) adalah platform cloud paling komprehensif dan digunakan secara luas di dunia, menawarkan lebih dari 200 layanan unggulan.

Batas waktu yang diberikan oleh Amazon Web Service untuk layanan cloud server gratis ini yaitu selama 1 tahun. Beberapa layanan yang tersedia di Amazon Web Service yaitu DynamoDB, QuickSight, Lambda, SQS, RDS, SNS, EC2, S3, dan lain sebagainya.

AWS Cloud kini sudah tersebar di 81 Availability Zone dalam 25 wilayah geografis di seluruh dunia. Untuk kehadirannya di indonesia masih menunggu informasi dari AWS pusat. AWS Cloud yang sudah hadir saat ini yang banyak digunakan diwilayah ASEAN sudah ada di singapura sejak tahun 2010.

3. Microsoft Azure

Microsoft Azure merupakan platform terbaik yang dibentuk oleh Microsoft. Microsoft Azure merupakan teknologi perangkat lunak milik Microsoft yang mendapatkan respons bagus di Indonesia sejak diperkenalkan pada 2010. Microsoft Azure memiliki 25 layanan gratis yang dapat digunakan untuk eksperimen, termasuk kecerdasan buatan, machine learning, dan semua teknologi yang bisa dilakukan tanpa server.

Komputasi awan (cloud computingyang dibawakan oleh microsoft Azure meliputi: Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Software as a Service (SaaS).

Sebagai PaaS, teknologi ini diyakini untuk membangun aplikasi di Cloud sebagai web application maupun aplikasi yang berjalan diatas virtual machine dan API application.

Microsoft membuat momentum yang baik dengan  mendayagunakan infrastruktur cloud yang kompeten namun fleksibel untuk melayani kinerja perusahaan dan pelanggan dalam skala prioritas dan ekspansi.

Sebagai open cloud computing, pengembangan yang dilakukan diatas Microsoft Azure bisa kompatibel dengan solusi open source pihak ketiga seperti Docker, Linux, GitHub, Node.js, WordPress dan Cloudera.

Hal ini membuat pengguna bisa membangun teknologi cloud service, web application,   atau aplikasi lainnya yang menggunakan virtual machine. Microsoft Azure memberikan layanan cloud server secara gratis sebesar 15GB untuk pengguna Dropox.

Setelah itu, sobat Alpha akan diberikan akses gratis ke mesin virtual Windows, mesin virtual Linux, basis data, penyimpanan file, dan bandwidt selama 1 tahun ke setiap penggunanya. Jadi, sobat Alpha bisa menggunakan Microsoft Azure jika ingin mendapatkan coud server windows gratis.

4. Alibaba Cloud

Alibaba Cloud Computing didirikan pada 10 September 2009 dengan misi membangun perusahaan layanan cloud computing data-sentris canggih dan platform berbagi data Internet. Perusahaan ini menarik talenta teknis top baik domestik maupun internasional, dan berkomitmen untuk berinovasi pada teknologi di bidang Internet dan e-commerce berdasarkan pengalaman Alibaba Group di sektor e-bisnis.

Tidak jauh berbeda dengan Amazon Web Service, perusahaan ini juga memebrikan layanan untuk cloud server gratis selama 1 tahun untuk penggunanya. Program layanan cloud secara gratis ini bernama Alibaba Cloud Free Credit.

Sejumlah layanan yang bisa sobat Alpha dapatkan dari program Alibaba Cloud Free Credit yaitu Content Delivery Network, RDS, Table Store, Object Storage Service, Server Load Balancer, ECS, dan Redis. Dengan menggunakan cloud gratis ini, maka sudah bisa menghemat biaya untuk membangun sebuah web profesional.

Alibaba Cloud telah memperkenalkan teknologi yang hemat biaya seperti PolarDB, Analytics DB, dan Alibaba Cloud Container untuk Kubernetes.

Layanan Alibaba Cloud Container merupakan sebuah fitur yang diluncurkan Alibaba di pasar Asia Pasifik pada tahun lalu. Fitur ini membantu pengguna untuk fokus pada aplikasi mereka daripada mengelola infrastruktur kontainer.

5. Mega

Mega adalah layanan cloud storage yang didirikan oleh Kim Dotcom yang juga pendiri Megaupload. Mega mengklaim layanan cloud storage-nya lebih aman daripada layanan cloud storage lainnya karena enkripsi/dekripsi data sepenuhnya diproses di client. Akun gratis dari Mega mendapatkan storage sebesar 50 GB.

Nah, jika sobat Alpha menginginkan kapasitas ekstra, maka bisa mendapatkan penyimpanan sebesar 20GB jika menginstal aplikasi Mega di desktop. Selain itu, sobat Alpha juga bisa mendapatkan  15GB tambahan jika mau menginstall aplikasi Mega di hp.

Namun, keduanya itu akan kedaluwarsa setelah 180 hari. Tidak ada batasan untuk ukuran file yang diupload. Hanya saja ada batasan untuk  bandwidth yakni maksimal 1GB tiap 6 jam sekali.

Kesimpulan

Kebutuhan cloud server yang meningkat saat ini dan perang layanan mana terbaik sudah terjadi di pasar kebutuhan cloud server. Hal ini dikarenakan dapat menghemat anggaran perancangan server dibandingkan server lokal menjadikan sobat Alpha untuk lebih bijak dalam memakai konsumsi layanan cloud server sesuai anggaran sistem yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Total
0
Share